November 2023, kunjungan bencmarking yang penuh antusias dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang ke Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta. Kunjungan tersebut membahas agenda utama, yaitu menguatkan kolaborasi dalam mengembangkan layanan eduroam, sebuah infrastruktur tak tergantikan bagi konektivitas dan akses pengetahuan di kalangan komunitas akademik.

Kedua universitas ini bersemangat dalam memajukan layanan eduroam. Mereka tidak hanya berbagi gagasan, tetapi juga menjelajahi teknologi terdepan yang akan mengubah cara kita mengakses pengetahuan dan pendidikan di kalangan akademisi perguruan tinggi Islam. Dr. Lulu Choirun Nisa, Kepala TIPD sekaligus pemimpin tim IT dari UIN Walisongo, menegaskan, “Kolaborasi antar-universitas Islam ini sangat penting untuk memberi akses pendidikan yang lebih luas dan meningkatkan mobilitas akademik bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti.”

Ditambahkan oleh Dr. Abdul Matin Bin Salman, “Kunjungan dari UIN Walisongo membuka pintu bagi pertukaran pengalaman yang akan memperkuat infrastruktur teknologi informasi di kedua universitas dan meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh komunitas akademik.”

Dalam momen wawancara yang penuh semangat, Agus Riyanto, atau Agus Virus dari Tim TIPD Surakarta, berbagi pandangan tentang betapa pentingnya eduroam bagi semua institusi pendidikan. “Kami saling mendukung dan berbagi ide kreatif yang akan mendorong inovasi di kedua UIN ini,” ungkapnya dengan semangat.

Kunjungan yang mengesankan ini tak hanya membahas tentang teknologi, tetapi juga semangat untuk berbagi, mendukung, dan mendorong evolusi teknologi informasi di dunia pendidikan. Diskusi teknis, tour fasilitas IT kampus, workshop, dan sesi tanya jawab turut memperdalam pemahaman tentang manfaat eduroam secara praktis.

Kunjungan benchmarking ini bukan hanya mengukuhkan kemitraan antara Tim TIPD UIN Walisongo dan Tim TIPD UIN Raden Mas Said, tetapi juga merupakan langkah nyata dalam memajukan teknologi informasi pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Sesi kenjungan berakhir setelah tour fasilitas. Semangat kolaborasi ini terabadikan dalam sebuah foto bersama sebagai simbol tekad kebersamaan dalam menggerakkan inovasi pendidikan berbasis IT di kedua perguruan tinggi Islam tersebut.