Tim IT dari UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan kunjungan studi banding ke Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada tanggal 30 November hingga 1 Desember 2023. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan Pra-Raker sekaligus menjadi momen benchmarking bagi tim IT UIN Raden Mas Said Surakarta.

Tim IT dari UIN Surakarta diterima dengan sangat hangat dan baik oleh Kepala Biro Sistem Informasi UAD, yang diwakili oleh Dr. Fiftin Noviyanto, S.T., M.Cs. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk meningkatkan layanan IT bagi seluruh komunitas akademik UIN Surakarta. Fokus utama kunjungan adalah memperoleh masukan dan pengalaman terbaik terkait layanan digital dan proses transformasi digital yang telah berhasil dilakukan oleh BSI UAD.

Selama kunjungan, berbagai hal dibahas, seperti teknologi server yang digunakan, sistem informasi yang mendukung kegiatan akademik dan non-akademik, struktur jaringan (network topology), manajemen dan perawatan infrastruktur, arsitektur server, layanan yang dikelola (managed service), serta layanan integrasi (integration services).

Rombongan dari UIN Surakarta, yang dipimpin oleh Dr. Abdul Matin Bin Salman, dengan seksama menyimak setiap paparan best practices oleh Kepala Sistem Informasi, Fiftin Noviyanto, S.T., M.Cs, dan juga oleh Tim BSI UAD yang terdiri dari analis, programmer, dan engineer. Kunjungan ini menjadi bukti bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Selanjutnya, kedua universitas ini juga berharap kunjungan semacam ini dapat terus dilakukan untuk mendorong pengembangan dan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia.